UPAYA DALAM PELESTARIAN PENGANTIN ADAT DEMAK BINTORO (Studi Terhadap Instansi DPC HARPI Melati, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Demak)


Lely Ika Cahyaningtyas, 5402411027 (2016) UPAYA DALAM PELESTARIAN PENGANTIN ADAT DEMAK BINTORO (Studi Terhadap Instansi DPC HARPI Melati, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Demak). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402411027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tata rias pengantin adat Demak Bintoro adalah salah satu tata rias pengantin yang belum lama ini telah dibakukan oleh DPC HARPI Melati Demak. tata rias pengantin Demak belum lama dibakukan, serta masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang tata rias pengantin adat Demak sehingga tata rias pengantin Demak kurang diminati. Oleh karena itu, perlu adanya upayaupaya yang dilakukan oleh berbagai pihak yang terkait, oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh DPC HARPI Melati Demak, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di Kabupaten Demak. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anggota HARPI Melati Demak, dan Kepala Dinas Pariwisata. Data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif persentase. Hasil dari upaya pelestarian pengantin adat Demak Bintoro yang dilakukan oleh HARPI Melati Demak sebanyak 75% yang terdiri dari 2 indikator yaitu upaya dan pelestarian dengan jumlah persentase. Indikator upaya terdiri dari beberapa sub indikator diantaranya meliputi indikator usaha sebanyak 80,8%, memecahkan persoalan sebanyak 71,3% dan mencari jalan keluar sebanyak 73,5%. Sedangkan sub indikator pelestarian meliputi indikator proses sebanyak 82,5%, cara sebanyak 63,8%, perbuatan melestarikan sebanyak 69,6%, perlindungan sebanyak 61,3%, pengawetan sebanyak 81,3 dan pengembangan sebanyak 83,6. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan secara umum upaya yang dilakukan oleh HARPI Melati dalam pelestarian pengantin adat Demak tergolong tinggi dengan beberapa upaya yang telah dilakukan diantaranya dengan melakukan pagelaran, sosialisasi, seminar, lomba, dll. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil penelitian menunjukkan upaya dalam pelestarian tata rias pengantin Demak Bintoro yang dilakukan oleh HARPI Melati dalam kategori cukup. Saran, meningkatkan upaya dalam pelestarian, melakukan sosialisasi lebih menyeluruh kepada masyarakat dan melakukan standarisasi dan uji standarisasi bagi para perias pengantin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tata RiasPengantin, Tata Rias Pengantin Demak Bintoro, Upaya Pelestarian.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 19:11
Last Modified: 12 Dec 2017 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28372

Actions (login required)

View Item View Item