IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH HANTARAN PENGANTIN SEBAGAI WUJUD KONSERVASI SENI DAN BUDAYA


Ratna Wulan Sari , 5402411026 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH HANTARAN PENGANTIN SEBAGAI WUJUD KONSERVASI SENI DAN BUDAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402411026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kerjasama dalam proses pembelajaran hantaran pengantin antara mahasiswa yang satu dengan yang lain kurang karena selama ini pembelajaran hantaran pengantin mahasiswa belajar secara individual. Keterbatasan waktu dalam perkuliahan mengakibatkan mahasiswa kurang optimal dalam pembelajaran sehingga kreatifitas dan inovasi mahasiswa belum terlihat. Belum adanya sumber belajar yang dapat dijadikan sebagai petunjuk bagi mahasiswa, maka perlu adanya modul sebagai petunjuk. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui validitas modul dalam implementasi pembelajaran berbasis proyek menggunakan modul untuk meningkatkan hasil belajar Mata Kuliah Hantaran Pengantin di Prodi Tata Kecantikan. 2) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis proyek menggunakan modul pada mata kuliah hantaran pengantin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode observasi, tes, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi tata kecantikan angkatan 2012 yang mengikuti mata kuliah hantaran pengantin sebanyak 33 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sistem acak sebanyak 18 mahasiswa. Analisis menggunakan uji t dan regresi sederhana. Hasil uji rata-rata kelas eksperimen diperoleh thitung = 10,13 sedangkan ttabel = 2,110, karena thitung > ttabel (10,13>2,110), dapat diartikan bahwa Ha yang berbunyi metode pembelajaran proyek menggunakan modul pada mata kuliah hantaran pengantin dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi tata kecantikan diterima. Sedangkan pengaruh implementasi pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar mata kuliah hantaran pengantin sebesar 31%. Simpulan: (1) Hasil validitas modul yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa pada implementasi pembelajaran proyek menggunakan modul terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dengan hasil baik. (2)Implementasi pembelajaran berbasis proyek menggunakan modul pada mata kuliah hantaran pengantin prodi tata kecantikan rombel 1 angkatan 2012 terdapat peningkatkan hasil belajar dilihat dari pretest dan posttest ranah kognitif. Saran: (1) Pendidik sebaiknya menggunakan metode yang tepat untuk menghindari kejenuhan mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat menyerap materi secara maksimal. Metode yang dipilih sebaiknya yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif di dalam kelas dan sesuai dengan materi pembelajaran. (2) Selain metode pembelajaran, pendidik juga dapat menerapkan atau memberikan media berupa modul utnuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah hantaran pengantin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Proyek menggunakan modul, Hasil belajar Hantaran Pengantin
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 19:11
Last Modified: 12 Dec 2017 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28371

Actions (login required)

View Item View Item