Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Member Amway di Kota Semarang (Studi pada Konsumen Produk Amway Di Kota Semarang)

Dimas Is Ariyanto , 3352403563 (2008) Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Member Amway di Kota Semarang (Studi pada Konsumen Produk Amway Di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Member Amway di Kota Semarang (Studi pada Konsumen Produk Amway Di Kota Semarang)) - Published Version
Download (863Kb)

    Abstract

    Amway sebagai salah satu perusahaan Multi Level Marketing melihat kondisi persaingan yang begitu ketat berusaha menekankan pemasarannya melalui strategi kualitas produk, kualitas pelayanan dan saluran distibusi guna mencapai kepuasan member. Kualitas produk merupakan salah satu elemen utama dalam memberikan kepuasan kepada member. Eksklusifitas produk Amway yang ditawarkan kepada member merupakan langkah perusahaan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Langkah tersebut menyebabkan penurunan penjualan dalam 5 tahun terakhir karena peningkatan kualitas produk menyebabkan biaya bahan baku yang tinggi sehingga harga jual menjadi tinggi. Kualitas pelayanan perusahaan dan saluran distribusi. Nilai lebih dari kualitas pelayanan Amway yang diberikan ke pada member Amway lebih mengedepankan pengiriman produk tepat waktu, keutuhan barang pada waktu pengiriman dan member penjelasan apa saja yang dibutuhkan anggota Amway. Meskipun jumlah anggota Amway mengalami peningkatan akan tetapi penjualan produk Amway mengalami penurunan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan saluran distribusi terhadap kepuasan konsumen Amway. Populasi yang digunakan adalah member atau anggota Amway di kota Semarang. Sampel yang dipakai untuk penelitian ini sebesar 120 respoden. Teknik pengambilan sampel adalah accidential sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Saluran Distribusi (X3) dan Kepuasan Konsumen (Y). Metode pengumpulan data melalui kuesioner, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data secara parsial diperoleh nilai thitung untuk X1 sebesar 4,326, untuk X2 sebesar 3,796 dan untuk X3 sebesar 5,410 dengan signifikansi sebesar 0,00. Hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 60,344 dengan signifikansi 0,00. Karena nilai signifikansi <0,05 maka kualitas produk, kualitas pelayanan dan saluran distribusi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan member. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,609 atau 60,9%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, kualitas layanan dan saluran distribusi dalam meningkatkan kepuasan konsumen Multi Level Marketing Amway di Kota Semarang. Adapun saran yang dapat peneliti berikan hendaknya Amway lebih meningkatkan keamanan produk, penampilan dan citra etis, proses pelayanan dan pengiriman produk melalui delivery order yang akan dikonsumsi oleh konsumen. Hal ini disebabkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator-indikator tersebut masih dalam kategori kurang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, kualitas layanan, saluran distribusi dan kepuasan konsumen
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 15 Jun 2011 22:21
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:58

    Actions (login required)

    View Item