KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN SAKU VEST KEMEJA PRIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Fitrie Aprilia , 5401411134 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN SAKU VEST KEMEJA PRIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411134.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan pada materi pokok pembuatan saku vest kemeja pria masih didominasi oleh guru sehingga kurang dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Tujuan penelitian: (1) mengetahui validasi media jobsheet pada peningkatan hasil belajar pembuatan saku vest kemeja pria di SMK Muhammadiyah 2 Boja; (2) mengetahui keefektifan penggunaan media jobsheet pada peningkatan hasil belajar pembuatan saku vest kemeja pria di SMK Muhammadiyah 2 Boja Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest–Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Busana Butik yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas penelitian yang akan diberi pembelajaran dengan menggunakan media jobsheet dalam pembuatan saku vest kemeja pria. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi (lembar pengamatan) dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil validasi media jobsheet oleh 2 ahli materi pembelajaran memperoleh 3,14 yang mana dalam tabel konvensi nilai termasuk kriteria baik. Penelitian. Analisis uji t menunjukan thitung = 16,29 > ttabel = 2,069 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Simpulan yang diperoleh yaitu ada efektivitas penggunaan media jobsheet pada Mata Pelajaran Membuat Busana Pria dengan pokok bahasan pembuatan saku vest kemeja pria dan besarnya efektivitas adalah 0,42 atau dalam perhitungan gain masuk pada kategori sedang. Saran yang dapat diberikan yaitu penggunaan media jobsheet dapat digunakan pada Mata Pelajaran lain selain Mata pelajaran Membuat Busana Pria misalnya pada Membuat Busana Wanita dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Jobsheet, Hasil Belajar, Saku Vest Kemeja Pria.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 18:26
Last Modified: 12 Dec 2017 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28362

Actions (login required)

View Item View Item