POTRET PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK PROGRAM KEAHLIAN TATABUSANA SE-JAWA TENGAH
Alif Sapriliana , 5401411107 (2016) POTRET PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK PROGRAM KEAHLIAN TATABUSANA SE-JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 yang diterapkan secara bertahap dan terbatas mengalami permasalahan diantaranya terkait dengan guru yang masih kesulitan menerapkan kurikulum 2013 kedalam kegiatan pembelajaran, sosialisasi terkait kurikulum 2013 yang belum maksimal dilaksanakan, kemudian permasalahan distribusi buku dan sumber belajar yang belum secara keseluruhan disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kurikulum 2013 di SMK Program keahlian Tata Busana se-Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, dengan Jumlah populasi sebanyak21 Kepala Sekolah, 21 Wakil Kepala Sekolah dan 150Guru Mata Pelajaran Produktif Tata Busana, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling purposive, teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, maka jumlah sampel adalah 12 Kepala Sekolah, 12 Wakil Kepala Sekolah dan 112 Guru Mata Pelajaran Produktif Tata Busana. Variabel penelitian adalah pelaksanaan kurikulum 2013, dengan 8 indikator meliputi: Ketersediaan dokumen kurikulum, Pengawasan dan pengorganisasian, Pengetahuan guru terhadap kurikulum 2013, Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Penilaian pembelajaran, Kualifikasi Pendidik, Ketersediaan fasilitas dan sumber belajar.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan nilai mean, koefisien variasi dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran Produktif di SMK Program Keahlian Tata Busana se-Jawa Tengah menujukkan kriteria Baik dengan nilai rata-rata 3.42, dengan rincian dari Kepala Sekolah menujukkan hasil yang Baik dengan nilai 3.53, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Kurang Baik dengan nilai 3.26 dan Guru Mata Pelajaran Produktif menujukkan hasil yang Baik dengan nilai 3.47.Saran yang terkait dengan penelitian ini adalah hasil penelitian masih ada kekurangan dalam hal pelaksanaan kurikulum 2013menurut Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum terhadapPengetahuan Guru terhadap Kurikulum 2013, oleh sebab itu perlu dilakukan sosialisasi serta pelatihan tentang kurikulum 2013 terutamaterkait tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah maupun Guru dari masing-masing sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Kurikulum 2013, SMK Program Keahlian Tata Busana se-Jawa Tengah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 17:31 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 17:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28354 |
Actions (login required)
View Item |