KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT DI SMK NEGERI 3 PACITAN


Erma Yuwanita , 5401411100 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT DI SMK NEGERI 3 PACITAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan yang semakin maju saat ini menuntut para pendidik untuk semakin sadar dalam menggunakan media sebagai penyampai pesan pembelajaran dan bukan hanya sebagai alat bantu semata. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media yang dapat membangkitkan kinerja mata (visual) dan telinga (audio) yaitu dengan penggunaan media video pembelajaran sesuai dengan fasilitas yang telah dimiliki sekolah sudah saatnya diterapkan oleh guru sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar didalam kelas dan tidak bermain sendiri saat guru menjelaskan pelajaran, sehingga dengan penggunaan media yang inovatif dan menarik tersebut diharapkan hasil belajar siswa yang kurang baik dapat meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media video pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar Keefektifan penerapan penggunaan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain One Group Pretest–Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 3 Pacitan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling sebagai kelas penelitian yang akan diberi pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi (lembar pengamatan) dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji gain Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji t menunjukan t hitung=

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran, Hasil belajar, Dasar Teknologi Menjahit.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 17:31
Last Modified: 12 Dec 2017 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28353

Actions (login required)

View Item View Item