PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT BUSANA WANITA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Rizkita Melyana , 5401411097 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT BUSANA WANITA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Proses belajar mengajar mata pelajaran Membuat Busana Wanita SMK Muhammadiyah 2 Boja sebagian besar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan siswa kurang berminat dalam belajar karena model pembelajaran kurang menarik. Model pembelajaran STAD merupakan model pembelajaran dengan menerapkan metode belajar berupa diskusi kelompok dengan kelompok heterogen. Melalui pembelajaran STAD diharapkan siswa mampu menerapkan kerjasama dan meningkatkan kreativitas dalam mata pelajaran Membuat Busana Wanita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group. Teknikpengambilan sampel penelitian ini adalah teknik sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas XI Busana Butik SMK Muhammadiyah 2 Boja yang berjumlah 50 siswa.Teknik pengambilan data melalui metode tes berupa tes kognitif dan metode non tes berupa lembar observasi ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar Membuat Busana Wanita kelas eksperimen dan kontrol. Hasil belajar membuat blazerkelas eksperimen dari selisih rata-rata nilai antara pre-test dan post-test ai pre-test = 49,81 post-test = 83,85, sedangakan kelas kontrolmeningkat tapi rata-rata nilai masih dibawah kelas eksperimen ai pre-test = 52,92 post-test = 77,50. Peningkatan hasil belajar perhitungan gain dalam presentase sebesar 15% yang termasuk dalam kriteria rendah, namun hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik daripada pembelajaran kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruhmodel pembelajaran Cooperative Leraning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Membuat Busana Wanita di SMK Muhammadiyah 2 Boja; 2) Besarnya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan Membuat blazer sebesar 15%. Saran: 1) Leader kelompok harus menjelaskan teknik dan langkah kerja membuat blazer sebelum proses pembuatan blazer berlangsung untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan blazer sehingga tidak memakan banyak waktu; 2) Pembagian kelompok baiknya dilakukan oleh guru karena guru lebih memahami karakter dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: STAD, busana wanita, membuat blazer
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 17:31
Last Modified: 12 Dec 2017 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28352

Actions (login required)

View Item View Item