PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA UNNES PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI BUSANA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET DAN VIDEO


Agnes Silviana Megawati , 5401411089 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA UNNES PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI BUSANA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET DAN VIDEO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Busana bahwa mahasiswa mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran. Sistem pembelajaran lebih menekankan pada komunikasi satu arah (ceramah), media pembelajaran yang digunakan berupa media cetak. Usaha peningkatan minat belajar mahasiswa yaitu dengan menumbuhkan ketertarikan mahasiswa untuk belajar, salah satunya dapat memanfaatkan media pembelajaran jobsheet dan media pembelajaran video. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Busana Unnes pada Mata Kuliah Teknologi Busana menggunakan media pembelajaran jobsheet dan video serta Mengetahui media mana yang lebih baik antara media jobsheet dan media video untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Busana Unnes pada Mata Kuliah Teknologi Busana. Penelitian ini menggunakan One Group Prestest-Postest Design. Subyek Penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana anggakatan tahun 2014.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil Penelitian menunjukan dengan media video rata-rata pre test adalah 72,95, dan dengan menggunakan media jobsheet rata-rata pre test adalah 70,54 sedangkan hasil Post test dengan media video rata-rata nilai mahasiswa adalah 87,25 dan menggunakan media jobsheet menunjukan rata-rata nilai mahasiswa adalah 81,57. Simpulan dari penelitan ini adalah adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa SI PKK Tata Busana dengan menggunakan video dan jobsheet, tetapi peningkatan hasil belajar lebih baik yang menggunakan media video.Saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian yaitu Penggunaan media video dan jobsheet dalam proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, dosen dapat menggunakan media video dan jobsheet sebagai salah satu alternatif media dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran apapun harus disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa dan jenis mata kuliah (teori atau praktik) dan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data penelitian lanjutan berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, HasilBelajar, Video, Jobsheet, TeknologiBusana
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 17:31
Last Modified: 12 Dec 2017 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28351

Actions (login required)

View Item View Item