TRACER STUDY ALUMNI PROGRAM STUDI PKK S1 KONSENTRASI TATA BUSANA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Hani Hamami , 5401411087 (2016) TRACER STUDY ALUMNI PROGRAM STUDI PKK S1 KONSENTRASI TATA BUSANA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tracer Study Tracer study merupakan salah satu cara perguruan tinggi untuk memperoleh data lulusan seperti lama masa tunggu lulusan, kesesuaian kompetensi dengan pekerjaan, penghasilan, penempatan pekerjaan, dan situasi kerja bagi mahasiswa yang telah lulus . Lulusan diharapkan dapat diserap dunia kerja sesuai dengan kompetensi pendidikan yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui lama waktu tunggu alumni dalam mendapatkan pekerjaan, 2) Untuk mengetahui jenis pekerjaan alumni yang sesuai dengan kompetensi lulusan, 3) Untuk mengetahui tempat kerja alumni, 4) Untuk mengetahui penghasilan alumni 5) Memperbarui informasi alumni dan 6) Mengetahui seberapa besar keberhasilan jurusan dalam menciptakan lulusan yang berkualitas. Populasi dalam penelitian ini adalah alumni Program Studi PKK S1 Konsentrasi Tata Busana dengan periode wisuda tahun 2014-2015, dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 58 alumni. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu tunggu alumni yaitu 67% dengan waktu lebih dari tiga bulan, Jenis pekerjaan alumni yang sesuai dengan kompetensi lulusan yaitu sebesar 85%. Tempat kerja alumni yaitu 19% untuk tempat kerja negeri, 38% untuk tempat kerja swasta, dan rata-rata penghasilan alumni yaitu penghasilan diatas satu juta seratus dengan persentase 55%. Simpulan hasil dari penelitian ditemukan bahwa alumni sebesar 95% telah mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari universitas, dan sebesar 93% alumni berpendapat bahwa pekerjaan yang didapatkan saat ini sudah memenuhi harapan alumni dalam mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Keberhasilan jurusan dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, termasuk dalam kategori sangat baik dikarenakan sebesar 87,9% alumni mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi lulusan Program Studi PKK S1 Konsentrasi Tata Busana. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah pihak Program Studi PKK S1 Konsentrasi Tata Busana diharapkan mampu lebih meningkatkan sarana dan pra sarana untuk lebih mendukung alumni menjadi lulusan yang dapat diterima sesuai dengan kebutuhan pasar atau dunia kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alumni Program Studi PKK S1 Konsentrasi Tata Busana ;
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 17:30
Last Modified: 12 Dec 2017 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28350

Actions (login required)

View Item View Item