ANALISIS KECUKUPAN DAN KELAYAKAN FASILITAS LABORATORIUM TEKSTIL PROGAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nur Siti Sulaikah , 5401411073 (2016) ANALISIS KECUKUPAN DAN KELAYAKAN FASILITAS LABORATORIUM TEKSTIL PROGAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah labotarorium tekstil Progam Studi Pendidikan Tata Busana sudah memenuhi kriteria laboratorium Perguruan Tinggi, mengetahui tingkat kecukupan laboratorum tekstil Progam Studi Pendidikan Tata Busana dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengetahui tingkat kelayakan laboratorum tekstil Progam Studi Pendidikan Tata Busana dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Objek peneltian adalah Laboratorium Tekstil Progam Studi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Semarang yang terletak di gedung E10 lantai 2. Fokus penelitian adalah (1) cukup atau tidaknya fasilitas labooratorium Tekstil Prodi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Semarang dalam menjalankan fungsi laboratorium (2) layak atau tidaknya fasilitas labooratorium Tekstil Prodi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Semarang dalam menjalankan fungsi laboratorium. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data dengan cara triangulasi metode. Hasil Penelitian menunjukan luas laboratorium tekstil cukup menampung untuk kegiatan pembelajaran dan penelitian. Media pendidikan dan sumber belajar sudah memadai. Jumlah alat yang ada di laboratorium tekstil belum sesuai dengan kebutuhan. Tata ruang secara umun layak untuk kegiatan. Penerangan berfungsi dengan baik. Kondisi peralatan yang ada dilaboratorium layak untuk digunakan. Laboratorium tekstil terdapat alat keselamatan dini. Kesimpulan yang diperoleh yaitu laboratorium Tekstil Progam Pendidikan Tata Busana belum memenuhi kriteria laboratorium perguruan tinggi dilihat dari fungsi laboratorium, Tingkat kecukupan laboratorium tekstil Progam Studi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Semarang untuk kegiatan pembelajaran kurang cukup, untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tidak cukup dan tingkat kelayakan Laboratorium Tekstil Progam Studi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Semarang untuk kegiatan pembelajaran dan penelitian kurang layak dan pengabdian kepada masyarakat tidak layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecukupan, Kelayakan, Fasilitas Labotaorium Tekstil
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 16:39
Last Modified: 12 Dec 2017 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28344

Actions (login required)

View Item View Item