EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DI SMK NU 1 KENDAL


Mustofiatun Liana , 5401411061 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA DI SMK NU 1 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Memilih Bahan Baku Busana di SMK NU 1 Kendal menggunakan metode ceramah, pemberian contoh, dan latihan soal. Pola pembelajaran ini menyebabkan guru lebih mendominasi dan menyebabkan rendahnya tingkat keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik merasa jenuh dan dapat berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah make a match (mencari pasangan), metode ini mengajak peserta didik untuk mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau konsep melalui permainan kartu pasangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Memilih Bahan Baku Busana di SMK NU 1 Kendal dengan materi mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian yaitu semua peserta didik kelas X Busana Butik di SMK NU 1 Kendal yang berjumlah 43 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes teori (kognitif) yang diberikan secara langsung kepada peserta didik dan untuk menguji hipotesis menggunakan t-test dan gain score. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji-t menunjukan thitung = 25,85 dan ttabel = 2,02, sehingga nilai thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Hasil analisis perhitungan peningkatan hasil belajar menggunakan uji gain score adalah 0,58 atau 58 %, termasuk dalam kategori sedang. Simpulan yang diperoleh yaitu ada efektivitas penggunaan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Memilih Bahan Baku Busana materi mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis, dan besar efektivitas dalam perhitungan gain termasuk pada kategori sedang. Saran yang dapat diajukan yaitu metode pembelajaran make a match dapat digunakan pada mata pelajaran teori lain selain Memilih Bahan Baku Busana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode pembelajaran make a match, memilih bahan baku busana.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 16:39
Last Modified: 12 Dec 2017 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28340

Actions (login required)

View Item View Item