PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES MINDS-ON ACTIVITIES DAN HANDS-ON ACTIVITIES PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA BUSANA


Romadhona Chusna Tsani , 5401411051 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES MINDS-ON ACTIVITIES DAN HANDS-ON ACTIVITIES PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA BUSANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Membuat Pola Busana merupakan mata pelajaran produktif dalam bentuk teori dengan bobot 30% dan praktik dengan bobot 70%. Dalam mempelajari pelajaran membuat pola busana diperlukan adanya keterampilan proses dalam psikis (minds-on activities) maupun keterampilan proses dalam fisik (hands-on activities). Observasi awal yang diperoleh peneliti menunjukan pelaksanaan pembelajaran membuat pola busana di kelas x busana 1 SMK Cut Nya’ Dien Semarang belum optimal dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Hal ini menyebabkan sebanyak 50 % siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM 75. Untuk memenuhi tujuan belajar membuat pola busana maka dibutuhkan metode yang sesuai. Metode inquiri terbimbing merupakan metode yang menekankan pada kegiatan melakukan percobaan sehingga menunjang terbentuknya keterampilan proses siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh pembelajaran menggunakan metode inquiri terbimbing terhadap keterampilan proses minds-on activities dan hands-on activities pada mata pelajaran membuat pola busana. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan mengunakan disain One Group Pretest–Posttest.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Cut Nya’ Dien Semarang yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi (lembar pengamatan) dan dokumentasi, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan t-test dan n-gain. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji t menunjukan t hitung lebih besar dari t tabel 2,032, dan berdasarkan analisis ketuntasan belajar menunjukan t hitung lebih besar dari t tabel dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada pengaruh pembelajaran menggunakan metode pembelajaran inquiri terbimbing terhadap keterampilan proses minds-on activities dan hands-on activities pada mata pelajaran membuat pola busana. Sedangkan besarnya pengaruh adalah 0.601 atau dalam perhitungan gain tergolong kategori sedang. Saran yang dapat diberikan yaitu metode pembelajaran inquiri terbimbing dapat digunakan pada mata pelajaran selain mata pelajaran membuat pola busana, missal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiri Terbimbing, Keterampilan proses minds-on activities dan hands-on activities, Membuat Pola Busana
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 16:38
Last Modified: 12 Dec 2017 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28337

Actions (login required)

View Item View Item