PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS DR. SUTOMO KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN


Kiki Erviani , 1401412311 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GUGUS DR. SUTOMO KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412311.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (515kB) | Preview

Abstract

Keterampilan variasi mengajar adalah suatu kegiatan guru dalam proses belajar mengajar agar tidak monoton yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa. Variasi merupakan kegiatan guru yang dilakukan dalam proses pembelajaran agar tidak monoton dan mengatasi kebosanan pada siswa. Adapun komponen variasi mengajar meliputi variasi gaya mengajar, variasi media dan bahan ajaran serta variasi interaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap keterampilan variasi mengajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN gugus Dr. Sutomo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 4 SDN Gugus Dr. Sutomo Kecamatan Kajen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan variasi mengajar guru di 6 SDN Gugus Dr. Sutomo Kecamatan Kajen berada pada kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 77,98%. Sedangkan hasil Persepsi siswa di SDN Gugus Dr. Sutomo Kecamatan Kajen memiliki persentase sebesar 76,88% dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan variasi mengajar guru dan persepsi siswa terhadap keterampilan variasi mengajar guru sudah baik, namun terdapat beberapa komponen yang belum optimal divariasikan guru diantaranya variasi media pandang dan dengar serta variasi alat bantu yang dapat dipegang dan dimanipulasi. Saran dalam penelitian ini yaitu: Guru sebaiknya selalu menerapkan variasi-variasi mengajar dalam pembelajaran; Siswa sebaiknya memperhatikan guru dan lebih aktif saat proses pembelajaran berlangsung; Sekolah sebaiknya bekerja sama dengan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas sehingga akan meningkatkan mutu sekolah menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan variasi, pembelajaran IPS, persepsi siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:54
Last Modified: 09 May 2019 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28333

Actions (login required)

View Item View Item