PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG


Yoseph Krey , 1401512026 (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401512026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (398kB) | Preview

Abstract

enguasaan kosakata merupakan suatu kemampuan seseorang untuk dapat menguasai dan memahami mengenai suatu kata yang menjadi dasar dalam komunikasi yang telah diketahui oleh setiap orang, antara lain pemerolehan kosakata pada siswa. Mereka mempelajari dan mengalami kosakata itu sendiri. Kosakata juga sangat penting dalam keterampilan membaca. Peran kosakata dalam keterampilan membaca yaitu dapat membantu siswa dalam mememahami isi bacaan dan juga kata yang terkandung dalam suatu bacaan atau teks. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang yang berjumlah 38 siswa yang ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Variabel penelitian yaitu penguasaan kosakata dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada hubungan antara pengaruh penguasaan kosakata dengan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi ditunjukan dengan nilai signifikansi hasil analisis korelasi sebesar 0,000 (< 0,025); (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata (X) dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi (Y) ditunjukan dengan hasil analisis regresi linier sederhana 0,000 (< 0,025) dengan persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini yaitu Ŷ = 0,719 + 1,277X; (3) Besarnya pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca pemahaman yaitu 57,4%, sedangkan 42,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 13:24
Last Modified: 12 Dec 2017 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28329

Actions (login required)

View Item View Item