KEEFEKTIFAN METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG


MIKHA LAMBERTUS RANDONGKIR, 1401512024 (2016) KEEFEKTIFAN METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SDN NGALIYAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401512024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (327kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan kegiatan atau proses kognitif untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Membaca pada hakikatnya adalah suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal dan melibatkan aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Metode pembelajaran dibutuhkan siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif. Adanya metode akan memudahkan pembelajaran yang ada di dalam kelas. SQ3R merupakan metode pemahaman yang membantu siswa berpikir tentang teks yang sedang dibacanya. SQ3R membantu guru dalam membimbing siswa bagaimana membaca dan berpikir layaknya para pembaca efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) terhadap hasil belajar siswa Kelas III SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas III di SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang yang berjumlah 156 siswa. Sampel penelitian sebanyak 59 siswa ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel penelitian meliputi metode SQ3R sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengujian hipotesis perbedaan menggunakan analisis independent samples t test dan uji keefektifan menggunakan analisis one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Indonesia dan keterampilan membaca intensif pada siswa Kelas III SD Negeri Ngaliyan 01 Kota Semarang antara kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran (SQ3R) dan kelas kontrol dengan menggunakan metode pemahaman konsep. Dari data diperoleh nilai thitung > ttabel (2,988 > 2,002) dan nilai signifikansi (0,004 < 0,05); (2) penerapan metode pembelajaran Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) lebih efektif terhadap hasil belajar siswa Kelas III pada pembelajaran bahasa Indonesia materi Membaca Intensif. Keefektifan ditunjukkan dengan hasil uji t diketahui bahwa nilai thitung> ttabel (4,892 > 2,048) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif adalah metode Survey-Question-Read-RecitedReview (SQ3R).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, keterampilan, membaca intensif, SQ3R.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 13:21
Last Modified: 12 Dec 2017 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28328

Actions (login required)

View Item View Item