KEEFEKTIFAN MODEL NHT BERBANTUAN CTV TERHADAP KEMAMPUAN BERDISKUSI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR


Nellson Tanaem , 1401512010 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL NHT BERBANTUAN CTV TERHADAP KEMAMPUAN BERDISKUSI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401512010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (372kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berdiskusi berkaitan erat dengan kemampuan menyimak dan berbicara yang penting dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil prapenelitian di kelas IV SD gugus Gatotkaca Semarang me-nunjukkan bahwa kemampuan berdiskusi siswa masih rendah. Pencapaian hasil diskusi siswa kelas IV kurang memuaskan. Untuk itu peneliti berupaya mencari pemecahan masalah ini dengan menerapan model pembelajaran yang inovatif berbantuan media yang variatif, yaitu NHT berbantuan CTV. Adapun rumusan masalah yaitu, “Apakah model NHT berbantuan CTV efektif terhadap kemampuan berdiskusi di kelas IV Sekolah Dasar?” Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan model NHT berbantuan CTV terhadap kemampuan berdiskusi di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah 292 siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berstatus negeri di gugus Gatotkaca Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Dari populasi tersebut diambil sampel sejumlah 166 siswa dengan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model NHT berbantuan CTV dan kemampuan berdiskusi di kelas IV SD. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis data digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis penelitian. Hasil uji hipotesis penelitian dengan uji U-test diperoleh zhitung = 3, 805 dan ztabel = 1, 96, dengan ߙ = 5%, sehingga zhitung > ztabel, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantuan CTV efektif terhadap kemampuan berdiskusi di kelas IV Sekolah Dasar. Sehingga model NHT berbantuan CTV dijadikan sebagai alternatif model dan media dalam diskusi khususnya di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTV; kemampuan berdiskusi; NHT.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 13:06
Last Modified: 12 Dec 2017 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28324

Actions (login required)

View Item View Item