PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 04


FRANSISKA ULE TENA , 1401512009 (2016) PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 04. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401512009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (694kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan temuan prapenelitian melalui data dokumen dan catatan lapangan, di peroleh hasil bahwa media pembelajaran yang diberikan guru dalam pembelajaran menulis ringkasan kurang optimal. Permasalahan tersebut juga didukung data hasil perolehan belajar siswa kelas IV SD Tambakaji 04 Semarang, ditunjukkan dengan data dari 31 siswa, 18 siswa yang mencapai KKM, 13 siswa tidak mencapai KKM sehingga perlu adanya pengembangan buku saku menulis ringkasan sebagai media pembelajaran keterampilan menulis ringkasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development, dengan tahapan: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk I, (4) validasi desain produk I, (5) revisi desain produk I, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi produk I, (8) uji coba produk II, (9) revisi produk II, (10) produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk buku saku, analisis kuantitatif dengan uji t-test dan uji gain. Hasil penilaian buku tahap I pada validasi desain menunjukkan buku saku menulis ringkasan layak uji pakar materi, media dan bahasa dengan presentase kelayakan 100%. Pada tahap penilaian II pada validasi desain buku saku memenuhi kriteria layak pada aspek materi dengan presentase 72,5%, pada aspek media memenuhi kriteria layak dengan persentase 75%, dan kriteria sangat layak pada aspek bahasa dengan peesentase 82,5%. Buku saku menulis ringkasan juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman melalui uji t sebesar 5,62 dan peningkatan rata-rata sebesar 5,22 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah buku saku menulis ringkasan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis ringkasan di SD. Saran yang diberikan yaitu hasil pengembangan buku saku dapat digunakan sebagai bahan ajar menulis ringkasan di SD dengan menambah uraian materi agar pemahaman siswa menjadi lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku; ringkasan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 13:04
Last Modified: 12 Dec 2017 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28323

Actions (login required)

View Item View Item