HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN II KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG


MARKUS , 1401512004 (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN II KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401512004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD N Dabin II Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Dabin II Kecamatan Gajahmungkur Semarang, yang terdiri atas 3 sekolah yaitu SD Negeri Petompon 1, SD Negeri Petompon 03, SD Negeri Gahjahmungkur 03. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, jumlah sampelnya 90 siswa. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik. Uji Hipotesis Penelitian dilakukan dengan teknik statistik product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel yaitu rhitung > rtabel atau 0,207 < 0,690, yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan. Sedangkan kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 47,61%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik simpulan yaitu terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SD kelas V SD N Dabin II Kecamatan Gajahmungkur Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 12:59
Last Modified: 12 Dec 2017 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28321

Actions (login required)

View Item View Item