PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS V SDN DABIN III DIRGANTARA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK


Intan Safitri , 1401412308 (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS V SDN DABIN III DIRGANTARA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412308.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (461kB) | Preview

Abstract

Fasilitas belajar disekolah merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tersedianya fasilitas belajar dapat berpengaruh terhadap motivasi siswa, dengan tersedianya fasilitas belajar yang lengkap dapat memunculkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dapat dirumuskan bagaimanakah fasilitas belajar dan motivasi siswa, apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi siswa kelas V SDN Dabin III Dirgantara Demak. Penelitian ini bertujuan untuk, (1)Mendeskripsikan fasilitas belajar yang mempengaruhi motivasi siswa; (2)Mendeskripsikan motivasi siswa dengan adanya fasilitas belajar; (3)Mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi siswa kelas V SDN Dabin III Dirgantara Demak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dabin III Dirgantara Demak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel yang digunakan 100 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik regresi. Berdasarkan hasil penelitian analisis deskriptif diperoleh: (a) Fasilitas belajar tergolong pada kategori tinggi ditunjukkan dengan rata-rata angket 73,09 dan observasi sebesar 20,14 tergolong pada kategori tinggi; (b) Motivasi siswa tergolong dalam kategori sedang ditunjukkan dengan rata-rata 81,95 dan observasi sebesar 11,02 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi fasilitas belajar mempengaruhi motivasi siswa, diketahui nilai signifikan 0,000<0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,326 menunjukkan bahwa persentase konstribusi pengaruh variabel independen sebesar 32,6%. Simpulan dalam penelitian yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi siswa kelas V SDN Dabin III Dirgantara Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Saran penelitian yaitu guru sebaiknya lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan suasana serta optimal dalam penggunaan fasilitas belajar; Siswa lebih membiasakan diri untuk tampil didepan kelas; Sekolah lebih memperhatikan kondisi dan kelengkapan fasilitas belajar untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas belajar, motivasi siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:54
Last Modified: 09 May 2019 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28318

Actions (login required)

View Item View Item