PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASIDANKINERJA GURUSD SEGUGUS KARTINIKECAMATAN ADIWERNAKABUPATEN TEGAL


Ikhsan Dwi Prasetiyanto , 1401412612 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASIDANKINERJA GURUSD SEGUGUS KARTINIKECAMATAN ADIWERNAKABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412612.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (518kB) | Preview

Abstract

Motivasi dan Kinerja guru merupakan suatu hal yang berkaitan satu sama lain. Motivasi yang bagus dan penuh semangat kan membangkitkan gairah dalam bekerja dan meningkatkan kinerja guru dalam mengajar. Agar tercapainya hasil pendidikan yang optimal, maka perlu diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain adalah kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik akan memberikan pengaruh terhadap motivasi guru. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah juga menjadi faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi dan Kinerja Guru. Variabel yang diteliti ada 3 yaitu kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas, motivasi variabel terikat, dan kinerja guru sebagai variabel terikat 2. Populasi dalam penelitaian ini ialah seluruh guru SD se-Gugus Kartini Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal yang berjumlah 166 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 48 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket tertutup dengan menggunakan skala likert 4. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 21. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan linieritas. Uji hipotesis meliputi uji regresi linier sederhana (R) dan analisis determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Berdasarkan kolom Sig. Pada tabel ANOVA diketahui bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi. Berdasarkan kolom Sig. Pada tabel ANOVA diketahui bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja. Nilai koefisien pada kolom R yaitu sebesar 0,473 dan nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0,223. Besarnya jumlah sumbangan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi yaitu sebanyak 22,3%, sedangkan 77,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Nilai 22,3% didapatkan dari nilai koefisien pada kolom R square dikali 100%. Nilai koefisien pada kolom R yaitu sebesar 0,380 dan nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0,145. Besarnya jumlah sumbangan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yaitu sebanyak 14,5%, sedangkan 85,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Nilai 14,5% didapatkan dari nilai koefisien pada kolom R square dikali 100%. Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah kepala sekolah hendaknya selalu memberikan motivasi setiap kesempatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Guru; Motivasi;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 12:50
Last Modified: 12 Dec 2017 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28317

Actions (login required)

View Item View Item