KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN POE (Predict-Observe-Explain) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLEPU 01 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG
Pradhika Udhi Nalendra , 1401412609 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN POE (Predict-Observe-Explain) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLEPU 01 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (284kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran Pkn dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa menjadi bosan dan kurangaktif saat mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran POE dapatdijadikan sebagaialternatif dalam pembelajaran PKn. Penerapkan model pembelajaran POE, dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran POE terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri Klepu 01 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Klepu 01 dan SD Negeri Klepu 05Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 66 siswa yang terdiri dari 35 siswa dari kelas eksperimen dan 31 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji pihak kanan polled varian untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (23,103 > 1,997) dan signifikansinya 0,000< 0,05. Sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,012> 1,997) dan signifikansi 0,048< 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa kelas V yang menerapkanmodel pembelajaran POE dibanding yang menerapkan modelkonvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji pihak kanan polled varian, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (30,708 > 1,997). Sementara hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,024 > 1,997). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapanmodel pembelajaran POE lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa dibandingkan dengan yang menerapkanmetode konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; model POE. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 12:47 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 12:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28315 |
Actions (login required)
View Item |