IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG


Indrawati , 1401412608 (2016) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412608.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (283kB) | Preview

Abstract

Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan anak didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Kemampuan dan potensi anak tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan seorang guru. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki seperangkat kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan perilaku) yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Fokus penelitian ini adalah implementasi kompetensi pedagogik guru kelas V dan faktor-faktor yang mempengaruhi di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Variabel yang diteliti adalah kompetensi pedagogik guru kelas V. Selain data kualitatif penulis juga menggunakan data kuantitatif. Data kuantitatif untuk mengetahui presentase implementasi kompetensi pedagogik guru kelas V. Data kuantitatif diperoleh dari responden penelitian yaitu guru kelas V di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung berjumlah 12 dan kepala sekolah berjumlah 12. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Penulis menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil analisis presentase menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru kelas V di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung untuk indikator penguasaan karakteristik peserta didik sebesar 87% (A), penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik sebesar 90% (A), pengembangan kurikulum sebesar 100% (A), kegiatan pembelajaran yang mendidik sebesar 90% (A), pengembangan potensi peserta didik sebesar 86% (A), komunikasi dengan peserta didik sebesar 90% (A), penilaian dan evaluasi sebesar 81% (AB), pemanfaatan teknologi pembelajaran sebesar 58% (CD), perancangan pembelajaran sebesar 100% (A), kemampuan mengelola pembelajaran 87% (A). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru kelas V sudah dikategorikan baik sekali dengan presentase 87% (A). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru, yaitu: (1) faktor internal, meliputi: latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, kemauan belajar guru, dan (2) faktor eksternal, meliputi: sarana dan prasarana pendidikan, kedisiplinan, penataran yang diikuti, dan supervisi kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 12:44
Last Modified: 12 Dec 2017 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28313

Actions (login required)

View Item View Item