PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA GURU SEKOLAH DASAR KELAS V DABIN II KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA


Purwaka Yuliananto , 1401412305 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA GURU SEKOLAH DASAR KELAS V DABIN II KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412305.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (561kB) | Preview

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh guru. Namun terkadang guru tidak melakukan keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebagai salah satu keterampilan dasar mengajar yang sangat penting diterapkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru Sekolah Dasar Kelas V Dabin II Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. (2) bagaimanakah persepsi siswa terhadap keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru Sekolah Dasar Kelas V Dabin II Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterampilan membuka dan menutup pelajaran pada guru Sekolah Dasar Kelas V Dabin II Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap keterampilan membuka dan (2) menutup pelajaran pada guru Sekolah Dasar Kelas V Dabin II Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Dabin II Kecamatan Batealit Jepara. Variabelnya adalah persepsi siswa dan keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Guru Sekolah Dasar di Dabin II Kecamatan batealit Kabupaten Jepara telah menguasai keterampilan membuka dan menutup pelajaran dengan kategori baik dengan persentase 68,59%, (2) Persepsi siswa terhadap keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran kelas V di SD Negeri Dabin II Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara memiliki kategori baik dengan persentase 76,08%. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran bagi guru dan persepsi siswa menunjukkan hasil kategori baik. Saran dalam penelitian ini untuk guru diharapkan meningkatkan kegiatan refleksi diri dalam pembelajaran, sebagai informasi dan masukan bagi sekolah untuk melaksanakan pembelajaran dengan mengoptimalkan kinerja guru dalam keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Bagi peneliti lain sebagai informasi untuk keberhasilan pembelajaran .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa, guru, membuka dan menutup pelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:53
Last Modified: 09 May 2019 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28311

Actions (login required)

View Item View Item