PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PERILAKU DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DIPONEGORO BANSARI TEMANGGUNG


Mulyaningsih , 1401412605 (2016) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PERILAKU DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DIPONEGORO BANSARI TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412605.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (469kB) | Preview

Abstract

Orang tua mempunyai tanggung jawab mendidik anak. Orang tua yang bijak akan lebih memperhatikan anaknya baik dalam bentuk materi maupun kasih sayang. Dalam hal belajar di rumah, anak usia SD masih membutuhkan bimbingan dari orang tuanya. Menurut beberapa guru kelas V SD se-Gugus Diponegoro Bansari Temanggung, masih banyak siswa yang kurang berperilaku disiplin saat di sekolah dan hasil belajar matematikanya pun masih kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan yang ada, peneliti bermaksud melakukan penelitian tentang pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap perilaku disiplin dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Gugus Diponegoro Bansari Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode survey. Variabel penelitiannya yaitu bimbingan belajar orang tua (X), perilaku disiplin (Y1) dan hasil belajar matematika (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Diponegoro Bansari Temanggung sebanyak 141 siswa. Sampel penelitian sebanyak 103 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan analisis dokumen, wawancara dan angket. Perhitungan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi sederhana dan korelasi sederhana dengan bantuan SPSS 20. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua terhadap perilaku disiplin dan hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji regresi X terhadap Y1 dan ditunjukkan pada koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 21,9%. Dan hasil regresi X terhadap Y2 ditunjukkan pada koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 27,9 %. Artinya bahwa X berpengaruh terhadap Y1 sebesar 21,9% dan X berpengaruh terhadap Y2 sebesar 27,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dan berdasarkan uji korelasi sederhana antara Y1 dan Y2 terdapat hubungan yang kuat karena menunjukkan nilai hubungan sebesar 0,693. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan informasi dan masukan bagi orang tua selaku pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Orang tua sebaiknya selalu memperhatikan dan membimbing anak agar anak dapat berkembang secara optimal dan menjadi anak yang disiplin dan cerdas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar orang tua, hasil belajar matematika, perilaku disiplin.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 12:29
Last Modified: 12 Dec 2017 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28310

Actions (login required)

View Item View Item