Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Penjelasan dengan Metode Student Teams Achievement Divisions pada Siswa Kelas XI IPA I SMA N 1 Bawang


Wasis Wiyanto , 2101404045 (2011) Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Penjelasan dengan Metode Student Teams Achievement Divisions pada Siswa Kelas XI IPA I SMA N 1 Bawang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Penjelasan dengan Metode Student Teams Achievement Divisions pada Siswa Kelas XI IPA I SMA N 1 Bawang]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Penjelasan dengan Metode Student Teams Achievement Divisions pada Siswa Kelas XI IPA I SMA N 1 Bawang) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Siswa sekolah di daerah pedesaan umumnya memiliki kemampuan berbicara yang rendah, terutama dalam menyampaikan penjelasan di depan umum. Hal ini terjadi di SMAN 1 Bawang Kabupaten Batang. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menyampaikan penjelasan siswa antara lain (1) kurang percaya diri, (2) bahasa yang dipakai rancu dan bercampur dengan bahasa daerah, (3) rasa takut, (4) intonasi yang kurang tepat, (5) bahasa yang digunakan kurang logis dan masih belum teratur. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian mengenai kemampuan siswa menyampaikan penjelasan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) berapa besar koefisien peningkatan kemampuan siswa kelas XI IPA I SMAN 1 Bawang dalam menyampaikan penjelasan setelah dilakukan pembelajaran dengan metode student teams achievment divisions dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XI IPA I SMA N 1 Bawang pada saat pembelajaran menyampaikan penjelasan menggunakan metode student teams achievment divisions. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, apersepsi, evaluasi, dan observasi. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen tes dan nontes. Pengambilan data tes dilakukan dalam tiga tahap yaitu pretes, post tes siklus I dan post tes siklus II. Pengambilan data nontes dilakukan dengan pengamatan, wawancara, membagikan jurnal, angket, dan sosiometri. Hasil tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan hasil nontes dianalisis secara kualitatif. Subjek penelitian ini kemampuan menyampaikan penjelasan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bawang. Pengunaan metode student teams achievment divisions pada pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan penjelasan. Dari hasil tes dapat diketahui kemampuan siswa dalam menyampaikan penjelasan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,8%. Persentase tersebut berdasarkan nilai rata-rata tes pada siklus I sebesar 66,2 dan meningkat dengan nilai rata-rata 75 pada siklus II. Perilaku belajar siswa mengalami perubahan yang positif. Siswa makin pro-aktif dalam kegiatan kelompok, aktif menemukan topik dalam artikel yang disajikan, dan lancar menyampaikan penjelasan menegenai topik yang dibahas. Selama proses pembelajaran siswa mampu mengatasi permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode STAD dapat meningkatkan kemampuan menyampaikan penjelasan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bawang. Selain itu, penggunaan metode ini dapat mengubah perilaku belajar siswa SMAN 1 Bawang menjadi lebih baik. Oleh karena itu, metode student teams achievment divisions dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran menyampaikan penjelasan. Penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menggunakan metode student teams achievment divisions dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dengan metode ini, diharapkan para guru lebih kreatif dan bersikap lebih terbuka sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Siswa diharapkan berlatih secara intensif agar mampu meningkatkan kemampuan menyampaikan penjelasan. Membiasakan diri berlatih dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara siswa menjadi lebih baik. Penulis juga mengharapkan agar para peneliti dan pemerhati bahasa dapat melakukan penelitian lanjutan untuk memperkaya alternatif pembelajaran berbicara yang lebih kreatif dan inovatif terutama dalam aspek berbicara menyampaikan penjelasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, kemampuan menyampaikan penjelasan, metode student teams achievement divisions.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Jun 2011 01:59
Last Modified: 25 Apr 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item