STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFANPENERAPAN MODEL STAD DANTAI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARPKN SISWA KELAS V SD NEGERI KEJAMBON 6 DAN7 KOTA TEGAL


Eska Rio Ananda Prasetyo , 1401412604 (2016) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFANPENERAPAN MODEL STAD DANTAI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARPKN SISWA KELAS V SD NEGERI KEJAMBON 6 DAN7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412604.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (436kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya pembelajaran PKn di SD masih menggunakan model konvensional. Model pembelajaran konvensional tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan sendiri pengetahuannya. Menjadikan kualitas belajar siswa juga tidak optimal. Contoh model pembelajaran yang efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn kelas V yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI. Belum diketahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn diantara STAD dan TAI. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran mana yang paling efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Kejambon 6 dan 7 pada materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Kejambon 6 dan 7 sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas V SD Negeri Kejambon 1 sebagai kelas kontrol. Jumlah populasi sebanyak 101 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas V SD Negeri Kejambon 6 dan 34 siswa kelas V SD Negeri Kejambon 7 serta 33 siswa kelas V SD Negeri Kejambon 1. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Manova dengan uji lanjut LSD. Uji lanjut berfungsi untuk menganalisis perbedaan antar kelas. Hasil analisis diperoleh persentase aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 1 sebesar 82,79%, kelas eksperimen 2 sebesar 84,52%, dan kelas kontrol sebesar 40,37%. Uji LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata aktivitas belajar siswa antar kelas. Model pembelajaran STAD dan TAI terbukti efektif terhadap aktivitas belajar PKn siswa kelas V dan model pembelajaran TAI merupakan yang paling efektif. Adapun dari analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 79,12, kelas eksperimen 2 sebesar 80,59, dan kelas kontrol sebesar 70. Uji LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dan TAI sama-sama efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran STAD; model pembelajaran TAI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 12:26
Last Modified: 12 Dec 2017 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item View Item