KEEFEKTIFAN MODEL INSTRUKSI LANGSUNG BERBANTU GAMBAR SERI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PENYANGKRINGAN KABUPATEN KENDAL


Yenita Dyah Kurniasih , 1401412603 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL INSTRUKSI LANGSUNG BERBANTU GAMBAR SERI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PENYANGKRINGAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412603.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (355kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di sekolah. Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis, penguasaan bahasa tulis siswa masih rendah. Guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dan mudah jenuh. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan model dan media pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran lebih variatif. Model instruksi langsung merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengaktifkan pengetahuan siswa dengan dibantu media gambar seri untuk mengembangkan gagasan dalam menulis narasi Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Desain dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Penyangkringan Kabupaten Kendal yang berjumlah 52 siswa, terdiri 26 siswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas dan model, serta soal tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir, pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample ttest untuk uji perbedaan dan one sample t-test untuk uji keefektifan. Berdasarkan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test, menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,173 dan ttabel sebesar 2,060 (thitung > ttabel), maka aktivitas belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi yang menerapkan model instruksi langsung berbantu gambar seri lebih tinggi dari pada yang menerapkan model konvensional. Selanjutnya, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,894 dan ttabel sebesar 2,060 (thitung > ttabel), maka hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi yang menerapkan model instruksi langsung berbantu gambar seri lebih tinggi dari pada yang menerapkan model konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa, penerapan model instruksi langsung berbantu gambar seri terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, menulis narasi, model instruksi langsung, gambar seri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 12:19
Last Modified: 12 Dec 2017 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28308

Actions (login required)

View Item View Item