KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPTTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SENI RUPA MURNI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPANDEAN 03 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL


Hudzaifah , 1401412600 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPTTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SENI RUPA MURNI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPANDEAN 03 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412600.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (430kB) | Preview

Abstract

Peranan pembelajaran SBK untuk mengembangkan sikap dan kemampuan dalam berkarya dan berapresiasi. Proses pembelajaran SBK di SD umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran konvensional masih terpusat pada guru sehingga siswa hanya sesekali dibiarkan untuk mengkonstruksikan pengetahuannya. Hal ini menjadikan kualitas pembelajaran menjadi kurang maksimal. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang kooperatif.Contoh model kooperatif untuk diterapkan dalam pembelajaran SBK adalah model pembelajaranCooperative Script. Belum diketahui modelCooperativeScriptefektif untuk pembelajaran SBK di SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran yang efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran SBK materi Seni Rupa Murni di kelas IV SDNegeriKepandean 03Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desainnonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelasIVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol SDNegeriKepandean 03 Kabupaten Tegal. Jumlah populasi sebanyak 59 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas IVA dan 30 siswa kelas IVB SDNegeriKepandean03 Kabupaten Tegal. Adapun pengambilan sampeldilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi terlibatdalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan tes hasil belajar. Analisisdata penelitian menggunakan uji Independent Sample t Test dan One Sample t Test. Kedua uji ini berfungsi untukmenganalisis perbedaan antar kelas dan menguji keefektifan model CooperativeScript. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata. Sebelum dilakukan uji analisis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan cara uji lilliefors.Berdasarkan hasil analisis aktivitas dan hasil belajar diperoleh rata-rata nilai aktivitas kelas eksperimen sebesar 81,32, dan kelas kontrol sebesar 73,19. Sedangkan rata-rata nilai kelas eksperimensebesar 83,86, dan kelas kontrol sebesar 78,13. Perhitungan rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model CooperativeScript lebih efektif dari model konvensional pada pelajaran SBK materi Seni Rupa Murni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar,Cooperative Script,Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:52
Last Modified: 12 Dec 2017 10:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28303

Actions (login required)

View Item View Item