KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI DAN PENGUKURAN SISWA KELAS IV SDN MINTARAGEN 6 KOTA TEGAL


Siti Mubassiroh , 1401412595 (2016) KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI DAN PENGUKURAN SISWA KELAS IV SDN MINTARAGEN 6 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412595.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (298kB) | Preview

Abstract

Pelajaran matematika bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan dan simbol-simbol. Namun masih banyak siswa yang sulit memahami pelajaran matematika khususnya materi geometri dan pengukuran, karena materi ini terglong sulit. Siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi pelajaran. Pembelajaran geometri di SD hendaknya mengajak siswa menghubungkan konsep yang baru diterima dengan konsep yang telah dipelajari. Sehingga menuntut siswa untuk berpikir kreatif dalam memadukan konsep yang telah dimiliki. Salah satu teori pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelajaran matematika materi geometri dan pengukuran adalah teori Van Hiele. Teori Van Hiele merupakan tahap-tahap pemahaman siswa dalam geometri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan teori belajar Van Hiele terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika materi geometri dan pengukuran pada siswa kelas IV SD Negeri Mintaragen 6 Kota Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Mintaragen 6 dan SD Negeri Mintaragen 2 Kota Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), dengan 25 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara, dokumentasi, dan tes. Penghitungan validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan uji Independent Samples T Test, nilai thitung (7,254) > ttabel (2,015) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan uji One Sampel T Test thitung (10,163) >ttabel(1,711). Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa nilai thitung (4,570) > ttabel (2,015) dengan signifikansi 0,000< 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji One Sampel T Testthitung (6,209) > ttabel (1,711). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi geometri dan pengukuran yang proses belajarnya menerapkan teori belajar Van Hiele dengan siswa kelas IV yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, aktivitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan teori belajar Van Hiele lebih efektif dari pada yang menerapkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; teori belajar Van Hiele.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:40
Last Modified: 12 Dec 2017 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28300

Actions (login required)

View Item View Item