ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI GUGUS ANTASARI KECAMATAN TEGAL BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016


Atika Efi Hendrayani , 1401412594 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI GUGUS ANTASARI KECAMATAN TEGAL BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412594.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan Nurkhidah, S.Pd.SD., di SD Negeri 2 Tegalsari, diperoleh informasi bahwa penyusunan soal UTS genap mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Gugus Antasari tahun ajaran 2015/2016 diujikan tanpa melalui tahapan analisis logis rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda dan uraian pada UTS genap mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Gugus Antasari tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif kuantitatif, karena penelitian ini menguraikan data dan objek yang terbentuk apa adanya serta tidak menghubungkan ataupun mencari sebab akibat antarvariabel. Sampel penelitian ini sebanyak 96. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory dan pencocokkan jenjang ranah kognitif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pilihan ganda dan uraian yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif soal pilihan ganda, terdapat 12 (60%) soal berkategori C1, 5 (25%) soal berkategori C2, dan 3 (15%) soal berkategori C3. Ditinjau dari distribusi jenjang ranah kognitif soal uraian, terdapat 2 (40%) soal berkategori C1, 2 (40%) soal berkategori C2, dan 2 (40%) soal berkategori C3. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 2 (10%) soal berkategori sangat signifikan, 8 (40%) soal berkategori signifikan, dan 10 (50%) soal berkategori tidak signifikan. Penghitungan aspek reliabilitasnya diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi. Ditinjau dari aspek tingkat kesukarannya yaitu terdapat 12 (60%) soal berkategori mudah dan 8 (40%) soal berkategori sedang. Ditinjau dari aspek daya pembedanya, terdapat 1 (5%) soal berkategori jelek, 9 (45%) soal berkategori cukup, 9 (45%) soal berkategori baik, dan 1 soal (5%) berkategori baik sekali. Ditinjau dari aspek efektivitas pengecohnya, terdapat 7 (35%) soal berkategori efektif dan 13 (65%) soal berkategori tidak efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat mengetahui kekurangan pada butir soal. Oleh karena itu, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal; Evaluasi Pembelajaran; Pilihan Ganda; Uraian.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 Dec 2017 18:18
Last Modified: 11 Dec 2017 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28299

Actions (login required)

View Item View Item