PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN III KECAMATAN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO
Rozak Safaat , 1401412592 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN III KECAMATAN WATUMALANG KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (269kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin III Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Pada penelitian ini terdapa tiga variabel yaitu: motivasi belajar, pola asuh, dan hasil belajar. Hasil belajar merupakan indikator untuk mengetahui perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah menerima pengalaman belajar. Perolehan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbegai faktor, yang dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, minat belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. Faktor eksternal yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Uraian tersebut menjelaskan bahwa motivasi belajar dan keluarga dapat memengaruhi perolehan hasil belajar siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor motivasi belajar siswa dan pola asuh orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 217 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengambilan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, menghasilkan jumlah sampel penelitian 141 siswa. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa yakni sebesar 30,7%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa yakni sebesar 32,8%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa yakni sebesar 33,3%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan orang tua dapat meningkatkan intensitasnya dalam mengasuh putra putrinya agar motivasi belajarnya meningkat. Guru diharapkan mampu bekerja sama dengan orang tua dalam memberikan bimbingan dan pengarahan secara lebih lanjut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah. Sekolah sebagai instansi tempat siswa belajar, diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar, motivasi serta hasil belajar siswa dapat meningkat. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor lain yang juga memengaruhi hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Pola Asuh Orang Tua. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 18:15 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 18:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28298 |
Actions (login required)
View Item |