ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENURUT TES TINGKAT PERKEMBANGAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE DI SDN TEGALSARI 6KOTA TEGAL


Novi Dyah Indriyani , 1401412591 (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENURUT TES TINGKAT PERKEMBANGAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE DI SDN TEGALSARI 6KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412591.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (306kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD. Salah satu aspek pada mata pelajaran matematika adalah geometri dan pengukuran. Geometri merupakan salah satu aspek matematika yang memerlukan pemikiran dan penalaran yang kritis, serta kemampuan abstraksi yang logis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis dan penyebab kesalahan siswa kelas V SDN Tegalsari 6 Kota Tegal dalam menyelesaikan soal materi sifatsifat bangun datar menurut tes tingkat perkembangan berpikir geometri Van Hiele. Fokus penelitian ini adalah analisis kesalahan dengan menggunakan kriteria jenis kesalahan Watson pada materi sifat-sifat bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalsari 6 Kota Tegal dan pemilihan subjek penelitian didasarkan pada tingkat perkembangan berpikir geometri yang dimiliki siswa. Subjek penelitian berjumlah 9 siswa, yaitu masingmasing 3 siswa dari tingkat visualisasi, analisis, dan deduksi informal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, obeservasi, tes, dan wawancara. Dokumentasi dan observasi digunakan untuk pengumpulan data pendukung, tes dianalisis untuk mengetahui tingkat perkembangan berpikir geometri siswa, dan hasil wawancara dianalisis untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian tingkat perkembangan berpikir geometri menurut teori Van Hiele dari 33 siswa didapatkan 21 siswa berada pada tingkat 0 (visualisasi), 9 siswa berada pada tingkat 1 (analisis), dan 3 siswa berada pada tingkat 2 (deduksi informal). Penelitian ini berfokus pada 9 siswa yang menjadi subjek penelitian. Kecenderungan kesalahan yang dilakukan oleh siswa berbeda untuk masing-masing tingkatan. Pada tingkat visualisasi, siswa lebih banyak melakukan kesalahan manipulasi tidak langsung, tingkat analisis lebih banyak melakukan kesalahan masalah hirarki ketermpilan, sedangkan tingkat deduksi informal lebih banyak melakukan kesalahan data hilang. Penyebab kesalahan beragam, yaitu tidak memahami soal, tidak memahami konsep bangun datar, dan kurang fokus ketika menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Tingkat Berpikir geometri Van Hiele, Jenis Kesalahan Watson
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 Dec 2017 18:11
Last Modified: 11 Dec 2017 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28297

Actions (login required)

View Item View Item