ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPS TAHUN AJARAN 2014/2015 SD NEGERI GUGUS BINASISWA KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP


Shofiy Nur Sayekti , 1401412588 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPS TAHUN AJARAN 2014/2015 SD NEGERI GUGUS BINASISWA KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412588.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (448kB) | Preview

Abstract

Ujian sekolah merupakan kegiatan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan. Berdasarkan kenyataan di lapangan, soal ujian sekolah disusun oleh tim Kelompok Kerja Guru (KKG), sedangkan kualitas atau tingkat kesahihan dan keandalan tes buatan guru masih belum menjamin keobjektifannya. Untuk mengetahui apakah soal sudah memenuhi kriteria tes, perlu dilakukan analisis butir soal. Analisis yang dilakukan oleh pihak sekolah masih sederhana yaitu hanya pada aspek tingkat kesukaran saja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian sekolah mata pelajaran IPS tahun ajaran 2014/2015 SD Negeri Gugus Binasiswa Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek materi, konstruksi, bahasa, distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom, tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, serta pelaksanaan ujian sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 133 lembar jawab. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Pengawas SD, Kepala Sekolah, dan dokumen. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory, pencocokkan jenjang ranah kognitif, dan analisis model Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan pada kisi-kisi soal, tidak terdapat jenjang ranah kognitif dan tingkat kesukarannya. Hasil analisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa pada soal memiliki indeks validitas isi dengan kategori sangat tinggi, karena berada pada rentang 0,98-1,00. Ditinjau dari distribusi jenjang ranah kognitif, terdapat 30 (60%) soal berkategori C1, 18 (36%) soal berkategori C2, dan 2 (4%) soal berkategori C3. Ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 13 (26%) soal berkategori sangat signifikan, 10 (20%) soal berkategori signifikan, dan 27 (54%) soal berkategori tidak signifikan. Indeks reliabilitas soal yaitu berkategori baik (0,78). Ditinjau dari aspek tingkat kesukaran soal, terdapat 28 (56%) berkategori mudah, 20 (40%) soal berkategori sedang, dan 2 (4%) soal berkategori sukar. Ditinjau dari aspek daya pembedanya, terdapat 1 (2%) soal berkategori baik sekali, 10 (20%) soal berkategori baik, 16 (32%) soal berkategori cukup, 20 (40%) soal berkategori jelek, dan 3 (6%) soal berkategori jelek sekali. Ditinjau dari aspek efektivitas pengecohnya, terdapat 10 (20%) soal berkategori efektif dan 40 (80%) soal berkategori tidak efektif. Pelaksanaan ujian sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal; mata pelajaran IPS; soal ujian sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 Dec 2017 18:08
Last Modified: 11 Dec 2017 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28296

Actions (login required)

View Item View Item