KEEFEKTIFAN MODEL PBL DAN LC TERHADAPHASILBELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI KELAS IV SDN KEJAMBON 1 DAN 8 KOTA TEGAL


Feni Faizah , 1401412587 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PBL DAN LC TERHADAPHASILBELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI KELAS IV SDN KEJAMBON 1 DAN 8 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412587.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (303kB) | Preview

Abstract

IPA dipahami sebagai ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkahlangkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Proses pembelajaran IPA di SD umumnya masih berpusat pada guru, sehingga kualitas pembelajaran masih kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran yang paling efektif terhadap hasil belajar dalam pembelajaran materi Perubahan Kenampakan Bumi kelas IV SDN Kejambon 1 dan 8 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 1 dan 8 sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas IV SD Negeri Pekauman 7 sebagai kelas kontrol. Jumlah populasi sebanyak 94 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas IV SD Negeri kejambon 1, 31 siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 8, dan 29 siswa kelas IV SD Negeri Pekauman 7. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji ANOVA dan Uji One Sample ttest. Uji ANOVA berfungsi untuk menganalisis perbedaan antar kelas dan uji One Sample t-test menguji keefektifan antara model PBL dan LC. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 80,29, kelas eksperimen 2 sebesar 77,74, dan kelas kontrol sebesar 65,59. Uji Tukey HSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Berdasarkan uji One Sample t-test menunjukkan bahwa penerapan model PBL dan LC sama-sama efektif terhadap pembelajaran IPA kelas IV materi Perubahan Kenampakan Bumi. Jika model PBL dan LC dibandingkan, hasil uji-t menunjukkan bahwa model PBL tidak lebih efektif dari model LC. Saran peneliti yaitu hendaknya guru dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; model pembelajaran PBL; model pembelajaran LC
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 Dec 2017 18:04
Last Modified: 11 Dec 2017 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28295

Actions (login required)

View Item View Item