PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS IV SD DABIN I KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA


Yoga Pria Kurnia , 1401412586 (2016) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS IV SD DABIN I KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412586.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (334kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator untuk mengetahui perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah menerima pengalaman belajar. Pada pembelajaran hasil belajar sangat diperlukan agar guru dapat mengetahui seberapa jauh perkembangan siswa setelah mengikuti pembelajaran. Perolehan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbegai faktor, yang dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, minat belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar siswa yang mempengaruhi hasil belajar yaitu keluarga sekolah, dan masyarakat. Uraian faktor yang telah dijelaskan bahwa minat dan motivasi belajar dapat memengaruhi perolehan hasil belajar siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 192 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengambilan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, menghasilkan jumlah sampel penelitian 130 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar seni music siswa kelas IV SD Dabin I Kecamatan Todanan Kabupaten Blora yakni sebesar 39.6%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar seni music siswa kelas IV SD Dabin I Kecamatan Todanan Kabupaten Blora yakni sebesar 39.1%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar seni musik siswa kelas IV SD Dabin I Kecamatan Todanan Kabupaten Blora yakni sebesar 41.9%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan siswa dapat menumbuhkan sendiri minat dan motivasi belajarnya. Selanjutnya guru diharapkan mampu memberikan bimbingan dan pengarahan secara lebih lanjut untuk meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah. Sekolah sebagai instansi tempat siswa belajar dan memeroleh ilmu, diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar minat, motivasi serta hasil belajar siswa dapat meningkat. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan akan mampu menambah khasanah keilmuan mengenai variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Seni Musik; Minat Belajar; Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 Dec 2017 18:00
Last Modified: 11 Dec 2017 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28294

Actions (login required)

View Item View Item