ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS V SD NEGERI SLEROK 4 KOTA TEGAL


Lilis Setyowati , 1401412584 (2016) ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS V SD NEGERI SLEROK 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412584.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (422kB) | Preview

Abstract

Motivasi berprestasi adalah dorongan untuk berbuat sebaik mungkin, agar memperoleh hasil yang terbaik sesuai kondisi yang diharapkan, dengan cara berusaha keras, dan mengungguli orang lain berdasarkan suatu standar tertentu. Penelitian ini terfokus pada motivasi berprestasi siswa kelas V SD Negeri Slerok 4 Kota Tegal. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui motivasi berprestasi dan prestasi siswa kelas V SD Negeri Slerok 4 Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V, dan orang tua siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan uji keabsahan data menggunakan uji credibility. Uji credibility pada penelitian ini menggunakan triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa prestasi siswa kelas V SD Negeri Slerok 4 secara keseluruhan sudah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Motivasi siswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik siswa kelas V SD Negeri Slerok 4, yaitu minat serta harga diri dan prestasi. Faktor motivasi ekstrinsik, yaitu terdapat dari faktor guru, orang tua, dan sekolah. Faktor dari guru, yaitu guru memberikan pujian bukan hadiah serta hukuman. Faktor dari orang tua, yaitu pemberian hadiah. Faktor selanjutnya, yaitu orang tua tidak memberikan hukuman melainkan nasihat. Faktor dari sekolah, yaitu sekolah memberikan dukungan berupa penyediaan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka sebaiknya guru memahami keinginnan dan kebutuhan siswa dalam hal memotivasi. Selain itu, terkait dengan pembelajaran guru hendaknya mempelajari konsep dan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Guru perlu menyiapkan perencanaan pembelajaran dengan baik, menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan inovatif agar siswa lebih aktif. Guru hendaknya memberi motivasi kepada siswa agar lebih berminat dan tertarik dalam pembelajaran. Bagi pihak sekolah, hendaknya lebih memotivasi dan memfasilitasi guru dalam pembelajaran. Selain itu, pihak sekolah hendaknya melengkapi sumber belajar dan fasilitas lain yang mendukung dalam pembelajaran. Bagi orang tua hendaknya memberikan motivasi kepada anak, supaya anak semangat dalam belajar. Selain itu, orang tua hendaknya mengetahui minat dan bakat anak, supaya orang tua dapat mendukung anak untuk mengembangkan minat dan bakat tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi; motivasi siswa; prestasi siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 Dec 2017 17:57
Last Modified: 11 Dec 2017 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28293

Actions (login required)

View Item View Item