HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC GOAL ORIENTATION DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA N 3 TEMANGGUNG


Lintang Satrianita Primatahta , 1511411054 (2016) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC GOAL ORIENTATION DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA N 3 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (285kB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sangat diperlukan karena dengan kemandirian belajar tersebut siswa dapat mengatur waktu dan mengontrol diri dalam berpikir, merencanakan strategi, kemudian melaksanakannya serta mengevaluasi atau mengadakan refleksi. Siswa belum bisa melaksanakan kemandirian belajar ketika mereka tidak memiliki inisiatif untuk mempelajari sendiri materi pelajaran. Dibutuhkan tujuan yang jelas dari proses pembelajaran agar siswa memiliki inisiatif lebih dalam melaksanakan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic goal orientation dengan kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 3 Temanggung angkatan 2015/2016. Jumlah sampel sebanyak populasi penelitian yaitu sebanyak 273. Namun karena ada beberapa siswa yang tidak masuk dan mengikuti remidi mata pelajaran sejarah, maka subjek berkurang menjadi 254 siswa. Teknik sampling yang dipakai yaitu sampling jenuh. Data penelitian diambil menggunakan skala kemandirian belajar dan skala academic goal orientation. Skala kemandirian belajar terdiri dari 45 aitem. Skala kemandirian belajar mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,234 sampai dengan 0,655 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,920. Adapun skala academic goal orientation terdiri dari 22 aitem . Skala academic goal orientation mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,142 sampai dengan 0,620 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,791. Kemandirian belajar siswa SMA N 3 Temanggung dalam kategori sedang dengan aspek yang paling berpengaruh yaitu otonomi pribadi (personal autonomy). Adapun academic goal orientation siswa SMA N 3 Temanggung dalam kategori sedang dengan aspek yang paling berpengaruh yaitu effort (usaha/ upaya). Metode analisis menggunakan product moment dengan hasil koefisien korelasi (rxy) = 0,805 dengan nilai signifikansi 0,000 (p lebih kecil dari α 0,01), hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara academic goal orientation dengan kemandirian belajar“ diterima. Semakin tinggi academic goal orientation maka semakin tinggi kemandirian belajar dan semakin rendah academic goal orientation maka semakin rendah kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Academic Goal Orientation, Siswa SMA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 16:15
Last Modified: 11 Dec 2017 16:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28284

Actions (login required)

View Item View Item