HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF DAN OTORITER DENGAN KENAKALAN REMAJA


Nova Riris Mirantika , 1511411047 (2016) HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF DAN OTORITER DENGAN KENAKALAN REMAJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (372kB) | Preview

Abstract

Kenakalan remaja sering kita dijumpai di berbagi sekolah, hampir semua sekolah terdapat siswa yang melakukan kenakalan remaja. Kenakalan remaja juga terdapat di SMK Muhammadiyah Lasem. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pelanggaran yang dilakukan siswa yang tercatat pada jurnal pelanggaran siswa (JPS). Faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor ekternal salah satunya yaitu lingkungan keluarga. Salah satu upaya dalam membantu membentuk karakter dan kepribadian anak yakni dengan pendampingan orang tua berbentuk pola asuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh permisif dan otoriter dengan kenakalan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa SMK Muhammadiyah Lasem yang tercatat pada jurnal pelanggaran siswa (JPS). Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 85 siswa.Suatu instrumen yang baik harus memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Kenakalan remaja diukur dengan menggunakan skala kenakalan remaja yang terdiri dari 35 item. Kemudian pola asuh permisif diukur dengan skala pola asuh permisif dengan jumlah 19 item dan pola asuh otoriter juga diukur dengan skala pola asuh otoriter yang terdiri dari 15 item. Skala kenakalan remajamempunyaikoefisien validitas aitemberkisar antara 0,238-0,836. Kemudian validitas skala pola asuh permisif koefisien validitas berkisar antara 0,283-0,659dan koefisien validitas pada skala pola asuh otoriter berkisar antara 0,353-0,749. Koefisien reliabilitas skala kenakalan remaja sebesar 0,754. Koefisien reliabilitas skala pola asuh permisif sebesar 0,671 dan koefisisen reliabilitas skala pola asuh otoriter sebesar 0,665. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang positif antara pola asuh permisif dan otoriter dengan kenakalan remaja siswa SMK Muhammadiyah Lasem. Hasil tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil analisis korelasi antara pola asuh permisif terhadap kenakalan remaja dengan nilai r 0,276 dengan nilai signifikansi 0,005 (sig<0,05), sedangkan analisis korelasi pola asuh otoriter terhadap kenakalan remaja dengan nilai r -0,039 dengan nilai signifikansi 0,754 (sig>0,05). Maka hipotesis yang berbunyi”ada hubungan yang positif antara pola asuh permisif dan otoriter dengan kenakalan remaja ditolak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kenakalan remaja, pola asuh permisif, pola asuh otoriter.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)

T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 15:43
Last Modified: 11 Dec 2017 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28283

Actions (login required)

View Item View Item