EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP HASIL KREATIVITAS KETERAMPILAN MENYULAM PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS VII E DI SMPN 2 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA


Annisa Candra Sekar , 5401409029 (2016) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP HASIL KREATIVITAS KETERAMPILAN MENYULAM PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS VII E DI SMPN 2 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (799kB) | Preview

Abstract

Selama ini media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran hanyalah pendamping belajar Ratih yang berbentuk LKS (Lembar Kerja Siswa) yang mana materi dalam kompetensi membuat sulaman bebas hanya sedikit. Pembelajaran menggunakan LKS dirasa kurang efektif karena materi yang terdapat dalam LKS hanya sedikit dan contoh-contoh sulaman bebas disajikan dengan gambar yang kurang menarik, tidak berwarna serta penjelasan yang kurang sehingga menyebabkan siswa kurang kreatif dan hasil kreativitas keterampilan menyulam belum sesuai dengan KKM. Tahun ajaran 2013/2014 dari 30 siswa hanya 30 % siswa sudah cukup baik dalam menerima materi, namun 70 % yang lain mengalami kesulitan dalam mengembangkan kreativitas karena media pembelajaran yang digunakan masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran modul terhadap hasil kreativitas keterampilan menyulam dalam mata pelajaran prakarya pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 2 Purwareja Klampok Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study. sampel penelitian yaitu kelas VII E sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 26 siswa. Instrumen penelitian menggunakan metode tes praktik untuk mengukur kemampuan kreativitas menyulam siswa pada kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji satu pihak yaitu pihak kanan. Indikator keberhasilan penggunaan media pembelajaran modul adalah: a) Rata-rata nilai peserta didik kelas eksperimen lebih dari KKM (75) dan b).Ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen (yang nilainya lebih dari KKM) minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media modul efektif dapat meningkatan hasil belajar kreativitas menyulam siswa pada pembelajaran yang dilakukan di kelas sampel penelitian. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes praktik menyulam sampel penelitian. Nilai tes praktik menyulam setelah diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran modul lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 75. Berdasarkan kelas eksperimen, mendapat rata-rata nilai tes praktik menyulam yaitu 83, 68 yang berarti nilai sudah melebihi KKM. Simpulan yang dapat disampaikan bahwa media pembelajaran modul efektif digunakan dalam pembelajaran karena sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu nilai ratarata yang diperoleh oleh kelas eksperimen setelah mendapatkan perlakuan sudah melebihi KKM dan Ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen (yang nilainya lebih dari KKM) adalah 100 %. Saran yang dapat diberikan yaitu dengan menambahkan referensi pembelajaran, media pendukung seperti video dan contoh-contoh hasil produk sulaman bebas serta mengadakan evaluasi pembelajaran melalui soal-soal tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, Kreativitas, Menyulam
Subjects:
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 15:25
Last Modified: 11 Dec 2017 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28280

Actions (login required)

View Item View Item