STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SOAL PILIHAN GANDA DAN URAIAN KELAS IV DI SD GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG


Rizky Nanda Permata , 1401412304 (2016) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SOAL PILIHAN GANDA DAN URAIAN KELAS IV DI SD GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412304.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya setiap siswa di dalam kelas menghendaki agar memperoleh hasil belajar yang maksimal. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang hasil belajarnya di bawah standar yang diharapkan. Hal ini memotivasi guru untuk melakukan berbagai cara untuk mengatasi rendahnya hasil belajar Matematika. Salah satunya dengan memvariasi bentuk tes, yaitu tes pilihan ganda ataupun tes essai/uraian terhadap peningkatan hasil belajar Matematika di Gugus Dewi Sartika Semarang. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika antara siswa yang mengerjakan soal pilihan ganda dan yang mengerjakan soal uraian. Serta untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengerjakan soal pilihan ganda dan yang mengerjakan soal uraian. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus Dewi Sartika Semarang. Teknik dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Simple random sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari 9 kelas yang ada di dalam Gugus Dewi Sartika lalu terpilih 4 kelas. Yaitu kelas IV A dan kelas IV B SDN Peterongan adalah kelompok yang akan diberi soal uraian/essai (kelompok X1) sedangkan kelas IV C SDN Peterongan dan kelas IV SDN Wonodri adalah kelompok yang akan diberi soal pilihan ganda (kelompok X2). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan awal siswa. Sedangkan teknik tes dilakukan untuk mendapatkan nilai hasil belajar Matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Chi Kuadrat dan Uji Bartlett kemudian dilanjutkan menguji hipotesis menggunakan rumus t-test untuk pengujian hipotesis komparatif dua sampel independen. Hasil pengolahan data menunjukkan rata–rata nilai kelompok X1 sebesar 80,61 dan rata-rata nilai kelompok X2 sebesar 84,32 sehingga mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan harga thitung sebesar -4,02 dan harga ttabel sebesar 1,66 Maka thitung < ttabel maka Ho ditolak Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika kelas IV SD di Gugus Dewi Sartika Semarang bahwa siswa yang menggunakan tes pilihan ganda lebih baik daripada yang menggunakan tes uraian. Dalam proses belajar mengajar hendaknya guru memberikan evaluasi baik dalam bentuk soal pilihan ganda maupun soal uraian di setiap akhir pembelajaran secara rutin dan kontinu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Soal, Pilihan Ganda, Uraian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:53
Last Modified: 09 May 2019 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28277

Actions (login required)

View Item View Item