PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN BERKAITAN DENGAN KESEHATAN
Aliska Zainatul Maghfiroh, 4401411034 (2015) PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN BERKAITAN DENGAN KESEHATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Ambarsari W, S Santosa, & Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi 5 (1): 81-95. Arikunto S. 2010. Prosedur P)
- Published Version
Download (423kB) | Preview |
Abstract
Modul merupakan salah satu panduan materi yang digunakan oleh siswa maupun guru dalam pembelajaran di kelas untuk mencapai tujuan kompetensi yang diharapkan. Pengembangan modul ini didasari karena belum adanya modul IPA Biologi yang mengaplikasikan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan suatu konsep pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dan aktivitas kelas dengan kehidupan dan pengalaman nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA Biologi yang layak dan dapat membantu siswa dalam memahami materi yang mereka pelajari khususnya materi sistem pencernaan makanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Modul berpendekatan kontektual hasil pengembangan divalidasi oleh pakar materi dan pakar media untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Modul yang layak diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui keefektifannya. Keefektifan modul ditentukan oleh persentase angket tanggapan siswa, ketuntasan klasikal, dan persentase N-Gain siswa. Hasil validasi oleh pakar materi dan media menunjukkan bahwa modul IPA Biologi berpendekatan kontekstual sangat layak digunakan untuk siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kelayakan modul pada setiap komponen penilaian modul >70%, dimana komponen kelayakan isi mendapatkan persentase 95%, komponen kebahasaan 94,23%, komponen penyajian 100%, dan komponen kegrafikan 99%. Berdasarkan hasil perhitungan, 90,48% siswa memberikan tanggapan sangat baik terhadap modul, ketuntasan klasikal siswa 80,95%, dan siswa yang memenuhi kriteria N-Gain sedang-tinggi sebesar 88,89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul IPA Biologi berpendekatan kontekstual materi sistem pencernaan makanan berkaitan dengan kesehatan layak dan efektif digunakan siswa kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul IPA, Pendekatan Kontekstual, Sistem Pencernaan Makanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 08 Dec 2017 17:48 |
Last Modified: | 08 Dec 2017 17:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28275 |
Actions (login required)
View Item |