PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMP

Dita Selviana , 4401411033 (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMP) - Published Version
Download (331Kb)

    Abstract

    Pengembangan LKS didasari oleh kurang aktifnya siswa mengikuti pembelajaran sehingga sulit memahami materi. LKS yang selama ini digunakan kurang mengaktifkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas LKS berbasis inkuiri terbimbing dalam pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP N 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D). Kelayakan LKS didasarkan pada hasil validasi pakar media, materi dan guru IPA. Validasi kelayakan LKS meliputi komponen media dan materi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 10 siswa kelas VIII A dan skala besar terhadap 32 siswa kelas VIII B. Data dalam penelitian ini meliputi hasil validasi kelayakan LKS, tanggapan siswa terhadap keterbacaan LKS, jumlah siswa yang aktif, ketuntasan klasikal, tanggapan siswa dan guru. Data diambil menggunakan angket validasi, angket keterbacaan, lembar aktivitas, instrumen tes, dan angket tanggapan kemudian data dianalisis dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan LKS komponen media sebesar 92,27% dan komponen materi 86,25%. Dua komponen tersebut berada pada kriteria sangat layak. Tanggapan semua siswa terhadap keterbacaan LKS pada uji coba skala kecil baik. Persentase jumlah siswa yang aktif pada uji coba skala besar 81,25%, 84,375% siswa tuntas belajar, 90,63% siswa memberikan tanggapan baik dan tanggapan guru baik. Simpulan penelitian adalah LKS berbasis inkuiri terbimbing layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP N 11 Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, LKS, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Q Science > QK Botany
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2017 12:32
    Last Modified: 08 Dec 2017 12:32

    Actions (login required)

    View Item