HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS BAHASA KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG


HESTI NUR HASTUTI, 1401412302 (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS BAHASA KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412302.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar siswa. Kecerdasan emosional akan mendorong siswa untuk mewujudkan hasil belajar optimal dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Di SD Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung siswa belum dapat mengoptimalkan kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga hasil belajar yang diperoleh belum optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah 119 siswa kelas siswa kelas IV SD Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Pengambilan sampel dengan porpotional random sampling diperoleh 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir (uji hipotesis) dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase rata-rata angket sebesar 75% dan rata-rata observasi sebesar 77%. Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase rata-rata hasil belajar sebesar 72%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa IV SD Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung ditunjukkan dengan besarnya koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar sebesar 0,510 dan signifikansi 0,000<0,05. Adapun hubungan yang terjadi dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Bahasa Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki dan guru diharapkan dapat memasukkan unsur-unsur kecerdasan emosional dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kecerdasan Emosional; Siswa Kelas IV
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:52
Last Modified: 09 May 2019 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28271

Actions (login required)

View Item View Item