PERSEPSI PASIEN EKS ASKES TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo)


Tia Sulistyawati , 6411412031 (2016) PERSEPSI PASIEN EKS ASKES TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesehatan adalah salah satu unsur hak asasi manusia yang harus diperoleh seluruh lapisan masyarakat. Tingginya biaya perawatan kesehatan mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. Salah satu metode yang dapat membantu masyarakat dalam meringankan beban pembiayaan yaitu dengan menggunakan asuransi kesehatan. Askes adalah salah satu asuransi kesehatan yang ada di Indonesia merupakan jaminan kesehatan yang dimiliki oleh para PNS, veteran, pensiunan dan keluarganya. Saat ini askes telah bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan. Pelayanan yang diberikan antara askes dan BPJS cenderung berbeda misalnya dari segi obat, biaya, pelayanan yang dijamin dan pelayanan yang tidak dijamin, sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan yang didapatkan oleh pasien Eks Askes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien eks askes terhadap kualitas pelayanan sebelum dan sesudah penerapan jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 60 sampel yang diambil dengan purposive random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis bivariat dengan uji Mc Nemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi pasien aspek reliability (p value 0,648>0,05) tidak ada perbedaan persepsi pasien aspek responsivenees (p value 0,167>0,05) ada perbedaan persepsi pasien aspek assurance (p value 0,000<0,05) ada perbedaan persepsi pasien aspek empathy (p value 0,000<0,05) tidak ada perbedaan persepsi pasien aspek tangible (p value 0,167>0,05) terhadap kualitas pelayanan sebelum dan sesudah penerapan Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang Health is one of the human rights which should be obtained the whole society. The high cost of health care affect degrees community health. One methods that can help people in lowering the financing that is by using healt h insurance. Askes is one of health insurance in indonesia health insurance is held by civil servants, veteran, retirees and their families. But this time askes has transformed into BPJS health. The provision of services between askes and BPJS tend to different for example in terms of medicine, services are guaranteed and services not covered, so as to affect the quality of services or by former askes patients. This study attempts to know patients askes perception former on the quality of service before and after the National Health Insurance the quantitative cross sectional. Sample is 60 taken with purposive random sampling. Analysis of data sample used analytics bivariat by test Mc Nemar. The results of this research show that no different perception patients reliability aspects (p value 0,648>0,05), no difference perception responsivenees patients (p value 0,167>0,05), difference perception of assurance patients (p value 0,001<0,05), there was a perception of empathy patients (p value 0,001<0,05), there is no difference perception patients tangible aspects (p value 0,167>0,05) on the quality of service before and after the National Health Insurance in Bandarharjo Public Health Center, Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Askes; Dimensi pelayanan; Persepsi pasien Askes; Dimension of Service; Patients Perception
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Dec 2017 13:54
Last Modified: 08 Dec 2017 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28270

Actions (login required)

View Item View Item