IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BRUNER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA LKS DAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN I REMBANG PURBALINGGA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS


Misyono , 4101405034 (2009) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BRUNER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA LKS DAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN I REMBANG PURBALINGGA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BRUNER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA LKS DAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN I REMBANG PURBALINGGA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BRUNER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA LKS DAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN I REMBANG PURBALINGGA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS) - Published Version
Download (276kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran yang monoton akan membuat peserta didik jenuh dalam pembelajaran, akibatnya mereka tidak dapat memahami materi dan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu seorang guru harus dapat membuat pembelajaran yang membuat peserta didik semangat dan senang dalam proses pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran dan teori belajar yang sadah dirumuskan oleh para ahli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah manakah yang lebih baik ratarata hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika materi pokok Teorema Pythagoras antara peserta didik yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan implementasi Teori Belajar Burner atau peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan implementasi Teori Belajar Burner terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMPN I Rembang Purbalingga Tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan implementasi Teori Belajar Burner berbantuan alat peraga dan LKS, sedangkan kelas kontrolnya kelas VIII B menggunakan pembelajaran ekspositori. Di akhir pembelajaran kedua kelas diberikan tes yang berupa soal pilihan ganda dan uraian kemudian dilihat perbedaan hasil belajarnya. Dari hasil Analisis perbedaan dua rata-rata diperoleh = 3,426 > = 1,99 hitung tabel t t sehingga H0 ditolak. Ini berarti hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini membuktikan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan implementasi Teori Belajar Burner lebih efektif dibandingkan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan proses pembelajaran akan menyebabkan perbedaan pula pada hasil belajar peserta didik. Peserta didik yang melakukan pembelajaran yang monoton dan menjenuhkan tentunya tidak dapat menyerap materi dengan baik. Dan sebaliknya pembelajaran yang mengikutsertakan peserta didik dalam pembelajaran, membuat mereka aktif dan membuat mereka senang dalam belajar, tentu akan lebih dapat memahami materi dengan lebih baik. Baik tidaknya pemahaman terhadap materi inilah yang menyebabkan baik tidaknya hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2011 01:32
Last Modified: 25 Apr 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item