HUBUNGAN KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


ANA SETYANINGSIH , 1401412300 (2016) HUBUNGAN KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412300.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dimana seorang siswa tidak bisa secara maksimal mengikuti pembelajaran dikarenakan suatu hal bisa berupa ancaman, hambatan, maupun gangguan. Siswa mengalami kesulitan belajar terutama pada aspek kognitif. Adanya kesulitan belajar yang dihadapi siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Permasalahan pada penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar kognitif dengan hasil belajar pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri di Gugus Gajah Mada Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Gajah Mada Kecamatan Ungaran Barat dengan jumlah 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 61 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus product moment. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan belajar kognitif yang dialami siswa rendah dengan frekuensi 46 siswa dan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan kategori cukup. Pada aspek kesulitan belajar kognitif lebih banyak kesulitan yang dialami pada faktor diri sendiri dengan rata-rata 8,309524. Berdasarkan perhitungan data analisis penelitian ini nilai koefisien korelasi antara variabel kesulitan belajar kognitif dengan hasil belajar IPS sebesar 0,688 dengan nilai sig sebesar 0,000 dikarenakan harga signifikansi 0,000 > 0.005 danݎ ݄݅ݐݑ݊݃ 0,688. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar kognitif dengan hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Gajah Mada Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Peneliti menyarankan siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasi belajar untuk menambah wawasan agar menghasilkan hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, hasil belajar, pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:52
Last Modified: 09 May 2019 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28269

Actions (login required)

View Item View Item