KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA LOR KABUPATEN BANYUMAS
Nur Ningsih , 1401412292 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV SD NEGERI SOKARAJA LOR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (633kB) | Preview |
Abstract
IPA merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari segala gejala dan kejadian yang ada di alam semesta dengan melalui serangkaian proses ilmiah dan dibangun atas dasar sikap ilmiah, sehingga akan mewujudkan suatu produk ilmiah. Pembelajaran IPA masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru, yaitu pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan yang membuat siswa cenderung pasif. Guru belum memanfaatkan media secara optimal dan variatif, sehingga belajar siswa kurang optimal dan berdampak pada hasil belajar yang belum maksimal. Media video merupakan cara yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran IPA agar siswa menjadi aktif dan memberikan kesempatan siswa berfikir kongkret melalui media pembelajaran yang menarik dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV materi Kenampakan Bumi dan Benda Langit Sekolah Dasar Negeri Sokaraja Lor Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Sokaraja Lor yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan uji independent sample t test, nilai t hitung > ttabel (8,132 > 2,013), dan uji keefektifan menggunakan one sample t test, nilai t hitung > ttabel (13,135 > 2,052). Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan uji independent sample t test, nilai t hitung > ttabel (2,742 > 2,013) dan uji keefektifan menggunakan one sample t test, nilai thitung > ttabel (3,621 > 2,052). Berdasarkan penghitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media video terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi kenampakan bumi dan benda langit. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menerapkan media pembelajaran berbasis video dalam proses pembelajaran di kelasnya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar, dan media video. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 May 2019 14:52 |
Last Modified: | 09 May 2019 14:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28264 |
Actions (login required)
View Item |