KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG


Cincin Roselasari , 1401412291 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412291.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (222kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Gugus Sudirman, pembelajaran di kelas belum dilaksanakan secara optimal, guru masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang inovatif, serta pada waktu pelaksanaan diskusi tidak semua siswa terlibat aktif. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share kelas V SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang.;(2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Think Pair Share kelas V SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, SDN Petompon 02 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Gajahmungkur 01 sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil data belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t sedangkan data aktivitas siswa dibandingkan berdasarkan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 85,86 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu72,31. Hal ini menunjukkan skor gain kelas eksperimen sebesar 0,65 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,23(rendah). thitung sebesar 11,697dan t tabel 2,002 dengan signifikasi 0,00. Karena t hitung > t tabel (11,697>2,002) dan signifikasi <0,05 ( 0,00 < 0,05). Aktivitas siswa pada kelas eksperimen meningkatan secara signifikan setelah penerapan model pembelajaran Think Pair Share yaitu siswa dapat berpikir kritis dan aktif dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Saran dari penelitian ini hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Think Pair Share untuk menciptakan suasana belajar yang berbeda. Siswa hendaknya dapat berpikir kritis dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran IPS materi “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan” saat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share Pihak sekolah perlu mengambil kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, hasil belajar, think pair share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:52
Last Modified: 09 May 2019 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28263

Actions (login required)

View Item View Item