KEEFEKTIFAN MEDIA FILM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGTANJUNG KABUPATEN KEBUMEN


Arum Pangestuti , 1401412582 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA FILM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGTANJUNG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412582.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (257kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar yang belum menggunakan media pembelajaran berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya pembelajaran yang efektif dan mengaktifkan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti akan mengujikan sebuah media pembelajaran yaitu media film dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan media tersebut terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS di SD. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 29 siswa kelas V SDN 1 Karangtanjung dan 24 siswa kelas V SDN 2 Karangtanjung Kabupaten Kebumen. Seluruh populasi dijadikan sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur,observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent sample t test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung data aktivitas belajar sebesar 2,156 dan thitung nilai hasil belajar sebesar 2,534. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (2,156 > 2,008 dan 2,029 > 2,008). Apabila mengacu pada kriteria keputusan pengujian hipotesis, maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar yang menggunakan media film dengan yang menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas V. Untuk hipotesis kedua (uji keefektifan) menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung data aktivitas belajar sebesar 3,749 dan thitung nilai hasil belajar sebesar 5,258. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (3,749 > 2,048 dan 5,258 > 2,048). Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Karangtanjung pada pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan media film lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, IPS, Media Film
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:53
Last Modified: 07 Dec 2017 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28262

Actions (login required)

View Item View Item