PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN


Sunu Bhakti Religia , 1401412580 (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412580.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (441kB) | Preview

Abstract

Kinerja guru dalam pembelajaran merupakan penampilan yang dilakukan oleh seorang guru dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam memberikan bimbingan belajar yang berupa pengetahuan dan keterampilan sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik. Dalam hal ini, sistem PKG merupakan serangkaian program penilaian kinerja yang dirancang untuk mengidentifikasi kompetensi guru, terutama berkaitan dengan kompetensi profesional dan pedagogik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya, baik langsung maupun tidak langsung. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu kompetensi guru terutama berkaitan dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru untuk meningkatkan kinerjanya dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 188 guru sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 123 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), uji koefisien regresi sederhana (uji t) dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetetensi profesional terhadap kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen; (4) Besarnya sumbangan pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru adalah 66,1%; (5) Besarnya sumbangan pengaruh kompetetensi profesional terhadap kinerja guru adalah 55,3%; (6) Besarnya sumbangan pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetetensi profesional terhadap kinerja guru adalah 69,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kinerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:48
Last Modified: 07 Dec 2017 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28260

Actions (login required)

View Item View Item